... .AsaLamuaLaikum BloG ManiaK.. ... .. .ThanKz UdcH Mo GabunG. ... . ,,ALL You Plend. ,, . ,,WeLcomE To My Page.>. . ,.So EnJoy ToDaY... ., .,SkaNesHa OnLy Area. ,., ,.,. CoMenT Jga YaChm ,. , . ,.WeLL. .. . ,..,waSaLmualaiKum. .,Blog ManiAk

"TeMpLe iN MoXeR CiTy"







LOKASI : DESA TEMON, KEC. TROWULAN, KAB. MOJOKERTO

MATERIAL : BATU BATA

UKURAN : PANJANG 16M, LEBAR 16M, TINGGI 3,5M

DESKRIPSI :

Candi Tikus adalah sebuah candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di kompleks Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Candi Tikus merupakan salah satu situs arkeologi utama di Trowulan. Bangunan Candi Tikus berupa tempat ritual mandi (petirtaan) di kompleks pusat pemerintahan Majapahit. Bangunan utamanya terdiri dari dua tingkat.

Situs candi ini digali pada tahun 1914 atas perintah Bupati Mojokerto Kromodjojo Adinegoro. Karena banyak dijumpai tikus pada sekitar reruntuhannya, situs ini kemudian dinamai Candi Tikus . Candi Tikus baru dipugar pada tahun 1985-1989.

Candi Tikus diperkirakan dibangun pada abad ke-13 atau abad ke-14. Candi ini dihubungkan dengan keterangan Mpu Prapanca dalam kitab Negarakertagama, bahwa ada tempat untuk mandi raja dan upacara-upacara tertentu yang dilaksanakan di kolam-kolamnya.





LOKASI : DESA TEMON, KEC. TROWULAN, KAB. MOJOKERTO

MATERIAL : BATU BATA DAN BATU ANDESIT

POSISI : SUSUNAN BATU BATA MENJULANG TINGGI SAMPAI 17M

DESKRIPSI :
Candi Bajangratu berada di komplek peninggalan Kerajaan Majapahit di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Bangunan berupa gapura berfungsi sebagai pintu masuk. Secara fisik, Candi Bajangratu terdiri dari batu bata dan batu andesit. Susunan batu bata menjulang tinggi sampai sekitar 17 meter, sedangkan pondasi dan tangganya dibuat dari batu andesit.

Dalam tulisan yang tertempel di ruang informasi komplek Candi Bajangratu, menyebutkan bahwa bangunan ini diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Sebagai pintu masuk areal suci dalam rangka memperingati wafatnya Jayanegara Raja Majapahit. Penamaan Bajangratu terkait dengan cerita yang beredar, bahwa Jayanegara saat dinobatkan menjadi raja, umurnya masih belia atau muda (bajang). Sehingga bangunan ini disebut Bajangratu atau raja yang masih muda usianya.

Dan MasiH banyak lagi Situs BerseJarah Yang Ada di KoTa Mojokerto
Datang aja langsung di KEC. TROWULAN, KAB. MOJOKERTO PASTI di sana akan disambut hangat oleh Warga TROWULAN. ...





Candi ini terletak di lereng Gunung Bekal, salah satu puncak dari pegunungan Penanggungan. Tepatnya di Desa Seloliman Kecamatan Trawas. Bangunannya terbuat dari batu kali dengan ukuran panjang 16,85 m lebar 13,52 m tinggi 5,20 m. Menurut data sejarah candi ini menunjukkan angka tahun 977 M, dan di sebelah kiri dinding belakang candi terdapat tulisan GEMPENG,disamping itu di sebelah sudut tenggara juga ada tulisannya.

Menurut ahli sejarah dikatakan bahwa candi ini merupakan petirtaan yang dipersiapkan untuk Raja Udayana yaitu raja Bali yang mempersunting putri Gunapriyadharmapatni dari Jawa dan dari hasil perkawinan ini pada tahun 991 lahirlah Airlangga. Jadi tahun 997 menunjukkan tahun pembuatannya.




Candi ini diperkirakan sebagai pintu gerbang utama untuk masuk ke komplek kerajaan Majapahit. Bentuknya berupa gapura belah ( candi Bentar ). Bangunan ini terbuat dari batu bata dengan ukuran tinggi 13,7 m panjang 13 m lebar 11m. Menurut cerita rakyat gapura Wringin Lawang merupakan salah satu bapura masuk ke alun-alun Mojopahit. Di dekat gapura dahulu juga dilengkapi dengan paseban,yaitu tempat menunggu bagi orang-orang yang akan sowan kepada raja. Candi ini dikenal dengan Candi Wringin Lawang, konon dulu didekat candi ini tumbuh dua pohon beringin berjajar yang besar. Candi ini terletak di Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan, di tepi jalan Raya Surabaya, Jombang mudah dijangkau baik dengan angkutan umum atau kendaraan pribadi ataupun kendaraan roda dua(motor).